oleh

Walikota Eva Hadiri Perayaan Hari Koprasi Nasional dan UMKM Tingkat Kota Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG GS – Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana menghadiri acara perayaan hari koperasi nasional ke-76 dan hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke-7, di aula gedung semergou, sekretariat pemerintah kota (pemkot) Bandarlampung, selasa (15/8/2023).

Eva Dwiana mengatakan melalui Peringatan hari koperasi nasional dan hari UMKM ini diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan dan memperkuat koperasi dan UMKM sebagai salah satu pilar penggerak roda perekonomian bangsa.

” Membuat koperasi dan UMKM mampu terus berkembang, inovatif dan adaptif seiiring dengan perkembangan teknologi. kolaborasi aktif antara koperasi, UMKM, pemerintah dan komunitas sangat diperlukan agar koperasi dan UMKM dapat bersaing di era revolusi,” ujarnya.

Ia membahkan, untuk menjalin kolaborasi antara koperasi dan perindustrian, pemerintah kota akan menyiapkan beberapa tempat untuk UMKM

“Nanti dari koperasi dan perindustrian yang menata, salah satunya ada di Sukaraja, Al Furqon, dan di Gunung Kunyit akan kita bangun ruko dan kantor dinas kelautan, ” paparnya.

Lanjutnya, untuk bantuan yang diberikan kepada UMKm pemerintah kota akan memberikan pinjaman tanpa bunga dan pemerintah kota Bandarlampung akan mempermudah dalam mengurus keterangan usaha untuk meminjam kredit usaha rakyat (KUR).

“Kita berikan bantuan membayar bunga terhadap UMKm, kita akan bekerjasama dengan BRI pinjaman 25 sampai 50 juta melalui pinjaman tanpa bunga, untuk pedagang kelontong sedang kita data. Dan untuk pelaku UMKM harus meningkatkan kemampuan IT, sehingga bisa berdagang secara online mengikuti pangsa pasar saat ini,” tutur dia.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi kota Bandarlampung Riana Aprilia mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan dan dukungan kepada para penggiat koperasi dan UMKM di kota Bandarlampung agar terus mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan perekonomian di kota Bandarlampung.

“Kita akan berikan bantuan hibah, barang berupa printer untuk koperasi berprestasi. Selain itu kita juga akan memberikan plakat kepada tokoh koperasi serta sertifikat halal, dan penghargaan penggerak kepada penggiat UMKM,” pungkasnya. (*) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

18 − 17 =