oleh

Agar Tidak Membuang Sampah Sembarangan Di Musim Hujan

TULANG BAWANG GS – Dalam memasuki musim penghujan Dinas kesehatan kabupaten Tulang Bawang mengajak dan menghimbau kepada masyarakat, Agar tidak membuang sampah sembarangan serta ikut membersikan saluran air yang ada diwilayah nya masing-masing.

Apalagi, mengingat pergantian musim seperti saat ini sering kali membuat banyaknya penyakit yang berkembang dan menular dilingkungan masyarakat sekitar dengan berbagai faktor hewan yang ada, salah satunya yaitu nyamuk Aedes aegypti yang merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Selain dengue, A. aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow fever), chikungunya, dan demam Zika yang disebabkan oleh virus Zika, yang tentunya sangat berbahaya jika sampai terkena gigitannya.

Hal tersebut disampaikan langsung Sekretaris Dinas kesehatan kabupaten Tulang Bawang, Lasmini yang mewakili kepala Dinas kesehatan Fatoni. Saat di temui di ruang kerjanya.

Ia juga menjelaskan pihaknya sendiri terus melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar, seperti pemusnahan sarang nyamuk, kesiapsiagaan saat banjir dinas kesehatan melakukan sosialisasi 3M plus, Menguras, Menutup dan Menyingkirkan/ mendaur ulang barang bekas yang kemungkinan akan menjadi tempat bersarangnya penyakit salah satunya nyamuk.

“Sosialisasi tersebut bahkan sudah sampai tingkat puskesmas dan juga gerakannya sudah ada seperti pemberantasan sarang nyamuk (PSN).Dan juga Bahkan masyarakat sudah melakukan kerja bakti dan mempraktekan nya di rumah masing-masing seperti bagaimana memusnahkan sarang nyamuk, membersihkan saluran air serta selokan dan lain- lain.”jelas Lasmini. Minggu (19/1/2020).

Kemudian, selain melakukan penyuluhan atau sosialisasi langsung, dinas kesehatan juga sudah melakukan sosialisasi/ himbauan dengan memasang baner di berbagi tempat lokasi yang ada,agar masyarakat dapat melihat himbauan yang tertera tidak membuang sampah sembarang atau pun cara pembasmi sarang nyamuk.

“Kami harap masyarakat dapat terus ikut serta dalam menjaga lingkungan dengan hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan membuang sampah ditempatnya dan membersihkan lokasi yang tentunya menjadi tempat bersarangnya penyakit”ajaknya. (Agus).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

− 1 = 1