oleh

Way kanan di Canangkan Kabupaten Literasi

WAY KANAN GS — Bupati Way kanan Raden Adipati Surya mencanangkan kabupaten way kanan Sebagai Kabupaten Literasi. Pencanangan tersebut diperkuat dengan telah dilaksanakannya pelantikan ketua dan pengurus Gerakan Literasi Daerah (GLD). Di Gedung serba guna (GSG) Way kanan. Selasa (7/01/2020).

Dalam sambutannya Bupati way kanan Raden Adipati Surya menyampaikan, selamat atas pelantikan ketua dan pengurus GLD pada hari ini. “Mudah- mudahan kepengurusan yang di kukuhkan pada hari ini akan membawa kemajuan bagi literasi daerah kita”.

Literasi ini bukan hanya suatu bangsa bebas dari buta aksara saja, melainkan bagaimanan warga bangsa memiliki kecakapan hidup agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain untuk menciptakan kesejahteraan dunia. Urainya.

Sebagai bangsa yang besar, khususnya kabupaten way kanan harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 melalui pendidikan yang terintregasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat.

Enam literasi yang harus dipahami bagi orang tua dan seluruh masyarakat mencakup ; literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial , literasi budaya dan kewargaan.

Pintu masuk mengembangkan budaya adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak.
Dengan didukung ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, akan mendorong pembiasaan membaca dan menulis, baik di sekolah maupun di masyarakat.

GLD di harapkan menjadi pendukung keluarga, sekolah,dan masyarakat mulai dari perkotaan sampai ke wilayah terjauh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan budaya literasi. Pungkas Bupati. (Saleh).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

− 1 = 6