oleh

Pendampingan Pertanian Program Selamatkan Rawa Serasi

TULANG BAWANG GS – Pendampingan pertanian program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) ialah, kegiatan optimalisasi lahan rawa yang terintegrasi dengan upaya peningkatan tarap hidup petani melalui bantuan pengembangan sistim irigasi di lahan rawa dan komoditas pertanian dan peternakan.

Hal itu disampaikan langsung, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 426-02 Menggala, Kodim 0426 Tulangbawang, Koptu Junaidi, Bersama ketua kelompok tani dan ketua Gabungan kelompok tani (Gapoktan) saat disela-sela meleksanakan pengecekan pintu air dan jembatan jalan usaha tani dari program Serasi di Kampung Rejo Sari, Kecamatan Penawar Tama, Kabupaten Tulangbawang. Rabu (12/02/2020)

Disamping itu, ia juga menjelaskan bahwa dirinya selaku Babinsa juga bertugas melakukan pendampingan pertanian terhadap para petani, kususnya petani tanaman pangan.

“Seperti halnya hari ini,saya mendampingi ketua kelompok tani dan ketua gabungan kelompok tani untuk mengecek pembuatan pintu air dan jembatan jalan usaha tani, kebetulan Desa Rejo Sari mendapatkan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi), pintu air dan jembatan jalan usaha tani adalah bantuan dari program Serasi, yang langsung diterima petani”. Ungkapnya.

Ia juga berharap, kedepan program optimalisai rawa yang ada di Kampung Rejo Sari akan dapat mengangkat derajat kehidupan masyarakat petani, khususnya para petani padi, karena dengan optimalisasi rawa yang terintegrasi, yang tadinya petani hanya bisa menanam padi satu kali setahun, diharapkan dengan optimalisasi petani biasa tanam dua sampai tiga kali setahun.

Ditempat yang sama, Rahmat (48) Ketua Gapoktan Desa Rejo Sari menuturkan, bahwa salnya dengan adanya bantuan program serasi dari pemerintah kepada petani diharapkan nantinya dapat membuat kehidupan petani menjadi lebih makmur kedepannya.

“kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Babinsa yang setiap saat sudah mendampingi kami para petani, dalam usaha meningkatkan hasil pertanian, semoga beliau selau diberikan kesehatan dan kesuksesan, tentunya juga dengan adanya pendampingan ini kami merasa lebih aman serta semangat dalam melakukan aktivitas sehari-harinya”. Tuturnya. (Agus).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

54 + = 62