oleh

Pemkab Pesawaran Sambut Baik Ratusan Mahasiswa IIB Darmajaya Bangun Desa

BANDAR LAMPUNG GS – Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyambut baik kedatangan mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dalam Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) di Kecamatan Teluk Pandan, Senin, 17 Februari 2020.

Lima desa menjadi lokasi PKPM diantaranya Sukajaya Lempasing, Hurun, Hanura, Talang Mulya, dan Munca. Terdapat 16 kelompok yang akan mengikuti PKPM selama sebulan hingga 16 Maret 2020.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) M.Rafiq, S.E., M.Si., mengatakan sebanyak 118 mahasiswa akan menjalani PKPM selama sebulan. “Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh kampus dalam mengirimkan mahasiswa untuk belajar bermasyarakat dan memahami kehidupan sosialnya,” ungkapnya.

Dosen Manajemen ini juga meminta mahasiswa agar dapat berkontribusi dengan baik kepada desa yang menjadi lokasi PKPM. “Kami mengharapkan untuk kecamatan di Teluk Pandan mohon bimbingan dan perlindungannya juga kepada aparatur di sini. Anggap mereka sebagai anak sendiri yang masih dalam proses bimbingan meskipun telah menjadi mahasiswa,” ujarnya.

Staf Ahli Bupati Pesawaran Bidang Kemasyarakatan Ir. H. Gusril, M.M., mengatakan bahwa dengan hadirnya mahasiswa/i IIB Darmajaya dapat membantu program pembangunan kabupaten. “Kami sangat senang dengan adik-adik melakukan PKPM di Kecamatan Teluk Pandan pada lima desa,” ungkapnya.

Mahasiswa diharapkan dapat bersinergi dengan perangkat desa untuk melakukan programnya. “Banyak potensi yang dapat dimanfaatkan untuk dikembangkan. Kami juga mengharapkan kepada saudara agar dapat menjaga nama baik almamater kampus dan desa yang dibangun,” ujarnya.

Gusril menerangkan dengan telah diberikan pelatihan mahasiswa juga dapat memberikan ilmunya kepada masyarakat. “Masyarakat agar juga dapat diberikan pemahaman dalam dunia teknologi dan administrasi sehingga dapat diimplementasikan dalam pembangunan desa,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset Dr. RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., mengatakan PKPM merupakan bagian dari akademik seorang mahasiswa. “Salah satu pengabdian Anda di masyarakat.

Bagaimana menghadapi masalah di masyarakat dan menciptakan solusi serta memecahkannya dengan baik,” ungkapnya.

Dengan melihat potensi desa dapat membantu untuk mengoptimalkannya. “Kalau Anda melihat kondisi disana banyak hal yang dapat Anda berikan sehingga mereka menjadi lebih baik. PKPM ini bukan untuk Darmajaya tetapi untuk Anda”. Tuturnya. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

55 + = 65