oleh

Kongres PWI ke XXV di Bandung

LAMPUNG GS – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung memberangkatkan 125 pengurus dan anggotanya ke Bandung, Jawa Barat (Jabar), Minggu (24/9/2023).

Keberangkatan itu untuk mengawal petahana Ketua Umum (Ketum) PWI Pusat, Atal S. Depari yang kembali maju dalam Kongres PWI ke-XXV, di El hotel Kota Bandung, 24-26 September 2023.

Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengatakan, sejak awal pihaknya komitmen mendukung Atal S. Depari.

“PWI Lampung menjadi yang pertama di Indonesia menyatakan dukungan secara terbuka kepada Caketum Atal, bulan lalu,” jelas Wirahadikusumah, semalam.

Sehingga, sudah menjadi kewajiban bagi Lampung untuk mengawal jalannya pemilihan ketum pada kongres nanti.

Menurut dia, para pengurus dan anggota sangat antusias mengikuti pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun, ada sekitar 125 orang yang berangkat. Terdiri dari pengurus PWI Provinsi Lampung dan sejumlah PWI kabupaten.

Yakni; PWI Kabupaten Lampung Utara, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Tanggamus, Waykanan dan Lampung Timur.

Kemudian Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Pesawaran. Sedangkan PWI Pringsewu, Kota Metro dan Pesisir Barat berhalangan ikut.

“Para pengurus dan anggota kami sangat antusias mengikuti Kongres PWI. Namun, karena keterbatasan anggaran sehingga yang berangkat dibatasi,” kata Wirahadikusumah, Sabtu (23/9/2023).

Berdasarkan surat edaran panitia pelaksana Kongres PWI Pusat, setiap provinsi hanya diberi kuota 8 orang untuk masuk dalam arena. Terdiri dari tiga peserta dan lima peninjau.

Selebihnya, bisa memantau jalannya sidang pleno melalui layar besar yang terpasang di luar arena sidang.

Wira menjelaskan, delapan orang tersebut kemudian mendapat tugas berbeda dalam sidang.

Sekretaris Andi S. Panjaitan, Eka Setiawan (Wakabid Organisasi), Munizar (Wakabid Pendidikan) dan Iskandar Zulkarnain (Ketua Dewan Kehormatan) akan ikut dalam penyempurnaan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT).

“Sedangkan saya bersama Supriyadi Alfian (Dewan Penasehat PWI), Ratna Minangsari (Bendahara) dan Segan Petrus Simanjuntak (Wakabid Kerjasama) akan membahas program kerja,” jelas Wira–sapaan akrab Wirahadikusumah.

Pindah Lokasi Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengatakan, pembukaan Kongres XXV akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 25 September 2023.

Padahal, pada susunan acara semula, pembukaan tersebut dilaksanakan di El Hotel Bandung.

“Iya, lokasi bergeser. Informasi terbaru dari panitia, pembukaan kongres dilaksanakan di Istana Negara,” jelas Wirahadikusmah.

Menurut dia, kuota peserta pun dibatasi hanya 180 orang untuk seluruh Indonesia. Satu provinsi hanya tiga peserta. Terdiri dari; Ketua, Sekretaris dan Ketua Dewan Kehormatan (DK). (Leh).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

40 − 39 =