KETAPANG GS – Bupati Lampung Selatan, Radityo Egi Pratama, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Kecamatan Ketapang pada Jumat (11/4/2025). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelayanan publik di wilayah tersebut berjalan secara optimal.
Dalam sidaknya, Bupati Egi secara langsung mendengarkan berbagai keluhan dan masukan dari masyarakat. Ia menegaskan bahwa kualitas pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan dan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.
“Kami ingin memastikan bahwa pelayanan publik di tingkat kecamatan benar-benar prima dan menyentuh kebutuhan masyarakat,” ujarnya saat berdialog dengan warga.
Dialog tersebut juga menjadi wadah komunikasi dua arah antara pemerintah daerah dan masyarakat, yang diharapkan mampu mempercepat solusi atas berbagai permasalahan di lapangan.
Salah satu yang dia temui yakni Caryo, warga Desa Taman Jaya, Kecamatan Ketapang yang tengah mengurus administrasi surat nikah anaknya.
“Bagaimana pelayanan di Kecamatan Ketapang ini? Kalau dari skala 1 sampai 10, berapa nilainya?” tanya Bupati Egi kepada Caryo.
“Alhamdulillah baik, Pak. Saya sedang mengurus surat nikah anak, dan masih dalam proses. Pelayanan di sini 9,5,” ujar Caryo menjawab pertanyaan Bupati Egi.
Bupati Egi mengapresiasi jawaban tersebut dan menyampaikan bahwa pelayanan publik harus terus ditingkatkan. Kendati demikian, Bupati Egi mengingatkan para pegawai Kecamatan Ketapang, akan pentingnya kedisiplinan dalam bekerja, khususnya soal kehadiran.
“Ini kan kalian melayani masyarakat, jadi harus bisa jadi contoh, disiplin itu wajib dijalankan. Saya minta semua pegawai lebih disiplin dalam kehadiran dan menjalankan tugas. Kebersihan juga perlu diperhatikan, dari dalam ruangan hingga luar maupun toiletnya harus bersih dan kering,” imbuh Bupati Egi.
Selain ke Kantor Kecamatan Ketapang, Bupati Egi juga sempat melakukan sidak ke Kantor Kecamatan Sragi untuk mengecek layanan publik dan tingkat kedisiplinan pegawai.
Sidak tersebut merupakan bagian dari upaya Bupati Radityo Egi Pratama dalam membangun birokrasi yang profesional, responsif, dan berorientasi pada pelayanan prima bagi masyarakat Lampung Selatan.(*)
Komentar