oleh

Balitbangda Provinsi Lampung Menggelar Rakor Litbang Regional Sumatera

BANDAR LAMPUNG GS – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Litbang Regional Sumatera di Hotel Emersia. Rabu (11/3/2020).

Rapat kordinasi yang di buka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim (Nunik), itu mengangkat tema “Integrasi Riset dan Inovasi Sumatera untuk Indonesia Maju”.

Menurut Kepala Balitbangdar Lampung Hamartoni Ahadis, tema integrasi riset dan inovasi ini diangkat, mengingat dengan perkembangan saat ini, pemaknaan otonomi daerah sebagai kewenangan untuk membangun daerah secara sendiri sendiri semakin tidak relevan.

“Itu Perlu di kembangkan dengan pendekatan kolaboratif antar daerah otonom, untuk mewujudkan Indonesia agar lebih maju ke depannya”. Kata Hamartoni.

Menurut Hamartoni, selama ini terminologi kompetisi dan kolaborasi tampaknya seperti paradoks. Karna Pada era digital saat ini, kedua istilah tersebut merupakan keterampilan yang semakin dibutuhkan untuk dikembangkan secara simultan. Para pakar manajemen menyebutnya dengan istilah collaborative competition.

“Kompetisi tidak lagi melulu diartikan sebagai satu ancaman. Kompetisi dalam era Industri 4.0 saat ini akan lebih tepat, jika di maknai sebagai upaya untuk membangun potensi agar menjadi kompetensi melalui kinerja yang lebih terbaik lagi. Bukan tentang mengalahkan siapa pun, tetapi lebih banyak tentang mengeluarkan yang terbaik dari dalam diri kita, untuk memberikan manfaat bagi masyarakat”. Kata dia.

Lanjut Hamartoni mengatakan, kompetisi kolaboratif akan mempercepat dalam pembangunan, melalui menumbuh kan pola pikir dan hubungan strategis antar daerah, pendekatan pembangunan yang partisipatif, serta membangun kemitraan dengan para pemangku kepentingan secara efektif lagi. Tuturnya.

“Ini yang perlu di kembangkan dalam pengelolaan pemerintahan daerah untuk saat ini. Karena itulah, rapat koordinasi Litbang se- Sumatera ini harus menjadi penting dan strategis”. Katanya.

Hamartoni berharap, dengan adanya Rakor Litbang se- Sumatera di harapkan, dapat terbangun kemitraan, sinergi dan kolaborasi antara pemerintah provinsi se- Sumatera, untuk mempercepat pembangunan daerah dan regional. Ucapnya.

“Kita harapkan pembangunan ini bisa bersinergi dan kolaborasi antara pemerintah provinsi se- Sumatera, untuk mempercepat pembangunan daerah dan regional”. Pungkas Hamartoni. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

+ 64 = 70